Minggu, 01 Februari 2009

vektor ver.1


Vektor Ver.1

Vektor Sang FjXr…

Nih aku mau sedikit sharing aja tentang proses pembuatan foto yang aku rubah jadi vektor. Sebenarnya mudah saja kok, cuman butuh kejelian dan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan mirip dengan foto aslinya. Mungkin vektor ini gak terlalu sempurna, maklum belajar otodidak aja lewat buku, atau download tutorial dari internet saja tapi cukuplah buat referensi Hehehe. Software graphic yang aku gunakan adalah CorelDraw12, karena memang aku sudah familiar dengan itu, adanya seh CorelDraw14 tapi berat banget maklumlah laptopku speknya kecil jadi pakenya CorelDraw yang 12 hehe….

  1. Pertama kita klik file new untuk membuka lembar kerja baru. Setelah itu kita pilih units, kalo aku bisanya pake pixels
  2. Kita sipakan image yang akan kita buat jadi vector, disini saya menggunakan foto teman satu kost aku namanya Fajar (Sang FjXr)…kita bisa klik kanan pada lembar kerja lalu pilih import image ( Ctrl+I) biar lebih mudah. Jangan lupa kunci dulu fotonya supaya dalam pengerjaan foto tidak berubah. Kita klik kanan image pilih “Lock Object”
  3. Lihat dulu foto secara jeli bagain mana dulu yang akan kita tracing dulu
  4. nah…kalau sudah mulailah tracingan kita saya tracing bagian rambut terlebih dahulu menggunakan “Bezier Tool” lalu kita pilih beberapa titik node pada posisi yang kita kehendaki. setelah selasai untuk melengkungkan kita Pilih titik node ourline tertentu pada bagian rambut dengan “shape tool” kemudian tinggal klik kanan pilih “to Curva”pada dibagian garis yang akan kita lengkukan atau kita rapikan sampai bagian rambut selasai kalau saya copy saja di page 2
  5. Selanjurnya kita tracing bagian muka dan leher kita tracing bersamaan.Caranya sama seperti kita mentracing bagian rambut tapi “AWAS” jangan sampai lupa di bagian muka atas garis curva hasus masuk ke bagain rambut. Karena nanti kita tinggal menggunakan teknik Shaping aja. Setalah sudah membentuk muka dan leher lalu kita copy saja ke page 2 biar keliatan jelas.
  6. Dah keliataan rambut, muka sama lehernya neh…lanjut kita selaksi semua bagian rambut dan muka atau tekan “Crtl+A” kemudian kita ArrngeàShapingà muncul dibagian sebalah kanan lalu kita pilih TrimàSource Objectc lalu kita klik trim curva yang ada didalam rambut. Nah dah ngebentuk kan….

Biar kita bisa ngebedain kita tinggal kasih warna rambut dan juga bagian mukanya…pemilihan warna terserah kita tergantung selara…coba aja saja jagan takut salah….

  1. Kita Tracing juga alis mata hidung dan bibir, Kita juga bikin efek muka biar keliatan aslinya. Begitu juga bibir hidung
  2. Kemudian kita tracing bagian baju sang FjXr caranya sama seperti kita tracing bagian rambut sama muka. Klik “Bezier Tool” lalu kita pilih beberapa titik node pada posisi yang kita kehendaki pada bagian baju. Setelah selasai untuk melengkungkan kita Pilih titik node ourline tertentu pada bagian baju dengan “shape tool” kita tinggal klik kanan pilih “to Curva” pada dibagian garis yang akan kita lengkukan atau kita rapikan sampai bagian baju selasai kalau saya copy saja di page 2
  3. Begitu juga dengan celana sang FjXrnya kita tracing menggunakan “Bezier Tool” lalu kita pilih beberapa titik node pada posisi yang kita kehendaki. setelah selasai untuk melengkungkan kita Pilih titik node ourline tertentu pada bagian Celana dengan “shape tool” tinggal klik kanan pilih “to Curva”pada dibagian garis yang akan kita lengkukan atau kita rapikan sampai bagian celana selasai kalau saya copy saja di page 2.
  4. nexs kedua tangan kita tracing juga sama seperti kalau kita tracing bagian-bagian sebalumnya lalu copy paste di page 2.
  5. Tu ada jaket tuh yang lagi FjXr pegang kita tracing juga loh….sama kita copy paste aja ke page 2
  6. Setelah jadi semua tracingan tinggal kita memberi warna yang pas sesuai dengan selara kita. Kalau saya pilih warna yang sesaui dengan image sang FjXr yang asli he…
  7. Warna kulit (muak, leher dan tangan) saya pilih C: 2 ,M:16 , Y: 16, K: 0 dan efeknya C: 3 ,M:30 , Y: 32, K: 0 untik waran efek saya tambahkan efek “Iteractive transparency tool”àUniform nah lumayan kan…begitu juga di bagiab tangan.
  8. Warna Rambut Blac 100% dan Efek 90%
  9. Warna baju C: 0, M: 0, Y: 0, K: 5 dan efeknya black 20%
  10. Warna celana blac 90% dan efeknya blac 100%
  11. Warna jaket Maartian Green dan efeknya C: 59, M: 40, Y:9 0, K: 5
  12. Kita tinggal menambah aksosris sesuai dengan image Sang FjXr….
  13. Jangan lupa bikin backgrouwd belakang buat foto vektornya…
  14. Setelah jadi semua Kemudian kita Exstrac (Crtl+e) biar mudah kita tinggal klik ok dah hasilnya….Lumayan ga.
  15. Selamat mencoba ya….

Maaf kalau penjelasan dari saya kurang jelas maklum masih belajar. Dengan rendah diri saya mohon masukan kritik dan sarannya semoga kedepannya jadi lebih baik…ayoo semangat berkreasi…!!!!











Tidak ada komentar:

Posting Komentar